Thursday, October 20, 2011

My Jewelry Design Project

Sejak bermukin di Ngayojokartohadiningrat hobi utak atik gemstonesku agak tersendat.

Pertama, karena di sini gak ada pasar batu selengkap Pasar Rawabening...ada sih penjual-penjual batu di areal Jogja Nol Kilometer tapi yah.....ndak bisa lagi hunting dan nongkrong depan lapak batu dengan puas

Alasan kedua, soal pengrajinnya. Jogja memang punya Kotagede, pusat kerajinan perak. Pengrajin di sini punya ciri khas sendiri, mereka jago jagonya filigree (perak dibuat seperti benang-benang baru disatukan menjadi 1 rangkain cantik) seperti ini contohnya:


Cantik....tapi bukan gayaku, dan menurutku teknik filigree kurang cocok diaplikasikan dengan batu mulia .  Yang terkenal dengan urusan ikat mengikat batu itu pengrajin Jakarta dan Bali. So wajarlah setelah beberapa kali mencoba menjodohkan si batu dengan filigree...hasilnya meleset dari harapan. Mungkin juga kerna aku belum ketemu pengrajin yang sehati

akhirnya setelah beberapa lama memedam hasrat bikin perhiasan batu, aku putuskan untuk bikin di Jakarta lagi, hahahaha....bedanya kalau dulu bisa ditongkrongin, sekarang tetek bengeknya diurus via online.


ini proyek terbaruku: judul kasarnya Gelang "jam tangan"


Idenya dari jam tangan keluaran Bvlgari *atau mana gitu..lupa, dapet dari Eyang Google*
Batu-batu ditanam di atas lempengan perak, dimodifikasi dengan zircon biar ada blink-blinknya...dikit aja tapi biar gak girly2 amat . Lalu dipasangkan tali kulit mirip tali jam tangan. Progresnya minggu ini diperkirakan sudah selesai 50%an...kalau bagian lempengannya sudah beres lanjut dengan hunting tali kulitnya,  uhuyyy.

Pengennya bikin 2 gelang, tapi yang satu lagi belum nemu model yang chic.  Untuk proyek kali ini aku hampir mengeluarkan semua simpanan batu-batuku...hihihih, ini saking serakahnya, biar bisa dipakai semua maksutnya, coba kalo dibikin satu satu terus dipake barengan, ealaaah nanti aku kayak toko batu berjalan bah, hihihih


just for reminder, ini beberapa proyek batuku terdahulu, enjoyy.......



                                   Gelang batu akik, batunya beli di Pasar Rawabening

                                           Gelang giok dimodifikasi dengan perak

                                                                 Bangle perak

                                                         cincin blue safir

                                                          cincin permen fox





27 comments:

mamah depin DEWI said...

ngiler liat yg safir

laksita wijayanti said...

suka yang bluee bluee gitu ya mbak?;D...tapi agak salah setting dan salah desain itu mbak, aku lupa memperkirakan ketinggian batunya...batunya udah tinggi eee cincinnya kok dibikin tinggi gitu yak, jadinya sering nyantol kalo lagi ngerogoh tas, nanti mo dirombak lagi euy ;(

Imazahra Chairi said...

Kereeen banget! :D Ini bisnis online-mu ya, Mba? Manteeep pisan! :D

laksita wijayanti said...

makasihhh mbak Ima ;))...kalo bikin bikin perhiasan masih terbatas mbak, paling sodara atau temen yang minta, kalo untuk jualan ada jual batu mulia juga, tapi belum di onlinekan mbak soalnya kalo batu mulia kudu dipegang, dirasa langsung biar calon pemiliknya lebih sreg..kalau lewat foto kurang anjleb atau kurang repreentatif mbak ;D..tapi pengen sih punya toko online jewelry & gemtones gitu, hihihih, doaken saja ya mbak ;D

kiky fitriyanti said...

Bagusss!!!

li4h Lia said...

bagus euy. jadi nge-desain sendiri, trus diserahin ke tukang yah? kreatif.

ghaya = Ruru said...

waahh cakeppp.. itu ngedesign sendiri ya mbak?
aku biasanya bikin pakai wire / tali.. tapi cuman yang biasa ajah..

laksita wijayanti said...

ihiiirrr...makasihhhh mbak ;D

Terang Benderang said...

kereeen.. maju terus penuh semangat yha Mbak :)

laksita wijayanti said...

iyaaah mbakk ;D, atau ngambil ide dari majalah-majalah jewelry terus dimodifikasi sesuai keinginan kita

laksita wijayanti said...

makasieeeeh mbak ndaru ;D, wah kalau wire aku malah ndak iso mbak, hihihih

laksita wijayanti said...

MERDEKA!!!! ;D tenkyuuu yah mbak ;D

NoviKhansa Utami said...

bagus-bagus
cantik-cantiiiik :)

APRILLIA EKASARI said...

kereeen
moga makin sukses :)

laksita wijayanti said...

kayak yang aku yo mbak nov?hihihihhi

laksita wijayanti said...

duhhhh jadi terharuuu nih aku...;D

ghaya = Ruru said...

hehehe aku malah kebalik..
malah bingung kl harus ke tukang cincin.. design sendiri..
aku biasa juga liat buku kok mbak..

weinsyria ates said...

keren! aku juga kurang suka perak putih jogja gitu... plus cepet banget itemnya.

weinsyria ates said...

aku suka yg giok dan batu akik :-)

Nining Soeryono said...

aku suka bangle & cincin safirnya... berapaan mbak? hihihi

kiky fitriyanti said...

eh sama, bikin 2 sita..ntar mbak nining yang bayar *runrunsmall baca : lari lari kecil*

laksita wijayanti said...

Betuuuul skali mbak Yu, keknya masalah ada di campuran peraknya. Perak bali juga lama lama menghitam, tapi gak secepat perak jogja. ehhhh, kalo di Syiria modelnya model timur tengah kali yo mbak?

laksita wijayanti said...

ho oh, mo bikin lagi tapi jaohhh rawabeningnya, padahal di sana akik berlimpah ruah..hiks hiks

laksita wijayanti said...

makasiiiih mbak.....bangle putih batu pinknya kah? sayangnya sudah berpindah pemilik mbak ;D, nanti kalo nemu batu yang rada gedean aku bikinkan lagi deh ;D

laksita wijayanti said...

horayyyy ada calon pelanggan neh *kedip kedip*

Naila ^_^ said...

Kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnn. Ada bakat ya ??? Ayo, keep up the good work, sis.... I support you from far away hehehehe

laksita wijayanti said...

aiiiiiihhhh,,,,.....makaaaasihhhhh sis Naila ;D