Sunday, October 10, 2010

Ngukur Progo&Bringhardjo bareng TanteQu


Perkenalkan ini bulek Kus, bungsu dan adik kesayangannya Bunda
Dulu bulek Kus ikut keluarga kami di Manado, kuliah di sana
eee dilalah begitu lulus langsung diangkat jadi dosen dan menikah dengan orang jawa kelahiran Manado...ya udah deh keluargaku balik ke jawa, bulek tetep tinggal dan keknya bakal jadi orang manado tulen deh...heuheuheuheu

sekarang bulek Kus sedang melanjutkan sekolah Pasca Undip, Semarang
horeeee....yang seneng keponakan-keponakannya di Jogja dunk (aku maksutnya)
karena berarti kita bakal sering dikunjungi plus aku ada alasan jalan jalan ke semarang

Bulek Kus ini adik kesayangan Bunda
waktu doi dapat kesempatan pelatihan di RS Harapan Kita, Jakarta (awal tahun 2010 lalu) aku yang dapat tugas antar jemput dari bandara ke penginapannya di deket RS.
hadohhh keknya yang paling heboh Bunda deh
dari awal dah sibuk ngatur jadwal segala macam
aku di sms puluhan kali, ditanyain persiapan, posisi, wejangan jangan sampe bulek nunggu lama....
pas aku dah beres nganterin terus pulang sampe kos, Bunda langsung sms nelfon
nanyain gimana tadi pas njemputnya, bulek repot gak, gimana penginapannya bulek, banyak tempat makan gak, aman gak daerah di sana...
(giliran aku yang pulang naik bis jam 10 malam dari tomang ke depok malah luput ditanyain.....)....................asliii ini bukan ungkapan iri, wkwkwkwkw

Tanteku yang satu ini jago masak, apalagi makanan manado
kue kue kering mah keciiiil......cake segala macam gampanggg
masakan jawa? apalagiii......
doi nie kamus referensi masakku
tiap mo masak resep baru or ada yang bingung tinggal telfon die aja...
"haloo bulekk, lumpia ayam bikinnya gimane?"
"bulek, kok bubur sumsumku gak jelas juntrungannya?"
"bola bola mie harus pake mentega gak bulek?"

tiap datang berkunjung ke jogja, gak lupa dunk aku request salah satu masakan khas manado yang sedappppp bangett..........ABON CAKALANG!!
abon bikinan bulek Kus ini yahud bangettt
khusus buat kami 2 printilan ini doi buat 1 toples gede....ampeee marem deh pokoknya
lain waktu bulek juga mbawain ikan roa kering, itu loh pengganti terasi kalo bikin dabu dabu (sambal manado)....nhoo saking banyaknya, masih ada 1 wadah di kulkas, sapa yang mauu ngacuuung? ambil ndiri di sini.....hihihihih
selain abon cakalang yang jadi menu wajib oleh oleh tentu aja ada tambahan lain :coockies cokelat, kueh yang rasanya kek monde, terus yang aneh aneh enak yang aku gak tau namanya itu deh

so sebagai ahli urusan dapur wajarlah kalo pas ke jogja toko Progo jadi incaran beliau
inilah dia rekaman perjalanan 1 hari kemarin:


keknya wajan segala ukuran kudu ada deh....masing masing fungsinya kudu jelas, sampe sampe buat nyairin mentega juga ada sendiri....o ya, bulekku nie termasuk golongan yang kurang suka sama wajan telfon maxim......
ini lagi sesi ceramah tentang " pentingnya saringan santen dalam menentukan keberhasilan memasak opor"



Keknya semua model cetakan kueh di Progo dah ada semua samplenya di dapur Tuminting dech

wowwwww.. ada teko teh jadul kek di rumah simbah, hihihihih




metching banget gak sama jilbabku?wkwkwkwkw



cihuyyy................dapet mukena katun berbodir bunga warna biru!!!

ada beberapa hal yang bisa dicatat tentang bulekku tersayang ini:
1.  Doi jago masak
2.  Pecinta warna biru
3   Fans setiap produk Phillips dan National/Panasonic
4.  Pemakai setia sapu plastik merek NAGATA

gara gara Nagata, doi sering banget mengkritik sapune wong yojo yang katanya "gak banget buat kesehatan punggung lantaran gagangnya yang pendek".
gara gara menghindari ceramahannya soal ini pula aku bela belain beli satu biji sapu Nagata warna pink buat di rumah.......


Bersama kakak sepupuku Mbak Inawati, bulek Kus ini pionir jilbab di keluarga besarku
ya Alhamdullilah sekarang rata-rata dah pada pake jilbab semua.
buat kerudung segi 4 bulek paling ngefans sama merek Marseline silk
nha temen temen di jogja bisa ngedapetin merek ini di al fath, annisa, atau karita
gara gara semua gradasi warna biru dah dipunyain maka kemarin pilihan berpindah ke warna warna lain...


uhuyyyy dari hasil jalan kemarin aku dapat banyak hadiah...tapi yang paling kusuka adalah:...........Jreeeeeeeeeeeeenggggg tas anyaman gede buat ke pasar
dengan ini belanja ke pasar pasti makin nyaman ajah.....

Tengkyuuuuu bulek...

19 comments:

mamah depin DEWI said...

Bulekkkk...rikwes abonnya duong...

♥ Laras ♥ Bantul said...

progo sek gede yaa...bulan lalu kesini juga.

The True Ideas said...

Senangnya ketemu sodara :)

shanti saptaning said...

aku juga sukaaaaaa di bagian alat dapur yg di Progo, meskipun jarang beli, demen aja ngeliatin dan ngayal2 mau menuh2in dapur :))
hahaha...mb Sita malah duluan ke beringharjo
eh, itu yg milih2 jilbab segiempat dimana ? :)

shanti saptaning said...

eh masih ada mug lurik, ibuk-ku punya panci lurik guedeee, dipake' kalau lagi punya gawe :)

laksita wijayanti said...

aduuuuuuuh telattttt mbak........dah abisssss tandasssss bersihhh.....hihihih

laksita wijayanti said...

ho oh mbak, geudiii neng kok masih ada aja yang kosong ya?
koleksi barang elektronike kurang lengkap
sapu nagata juga adanya 1 model aja
dari segi harga gak beda jauh sama di luaran
yang enak ya food courtnya, hihihih

laksita wijayanti said...

Alhamdullilah, anak yatim piatu banyak dikunjungi sodara pak, hehehe

laksita wijayanti said...

wuihhh ho oh mbak, aku aja sampe mlongo liat wajan wajan itu
bringharjo tadi penuh lho, gak tau padahal bukan musim liburan kuwi
jilbab itu di Al Fath malioboro, yang gede
kubawa ke raja murah bringharjo lt 3 bulekku gak cocok sama krudung2 paris di sana ternyata
masih milihan di al fath
jilbab kaosnya juga balik lagi balik lagi ke cap rabbani, heuheuheu

laksita wijayanti said...

tetangga2ku di sini masih banyak yang punya ini lhoo mbak......apalagi yang dah masuk gol mbah mbah, modele lurik kabeh wes

→ Mengtje ← said...

Bulek, aq menunggu undanganmu ...
undangan ke Progo ... cari centhong ..


*punya simbok ilang je, di gondol koncoku*

Mamat Rahmat said...

wah mungkin saya juga harus coba cari2 ke Progo nih .. :)

Niken Kelasworo said...

waaahh...seru ya jalan2 sama tante tersayang. senang banget liat toko perabotannya. mbak sita toko progo itu letaknya di mana? kapan2 kalo ke yogya pengin mampir..hihihi...

laksita wijayanti said...

whoaaa....cini cini.....mo centong dari plastik, bathok klapa, stenlis ato apa? hayoo tinggal pilih ajah...

laksita wijayanti said...

mamat moo nyari apaaa di progo???

laksita wijayanti said...

hihihihih, ho oh mbak akeh wajan kompor
toko progo salah satu pintu masuknya di belakang pasar bringharjo persis mbak, aku hafalnya yang lewat situ.

Arie - Bunda Icha Anakku Sayang said...

waaa itu pancinya banyak ragamnya..:)

laksita wijayanti said...

duuuuuuuuuuuuuuuh gimana kalo ngeliat langsung disana ya mbak? jangan jangan langsung ngeborong deh, hihihih

Bambang Priantono said...

Suwi ra mrene..nyampah titik aaaaaahhhh...