Wednesday, April 14, 2010

Sugeng Rawuh ing Ngayojokartohadiningrat

temen-temen, aku dah jadi wong jogja lhoooo, sejak 1 April lalu...............*
muhun maaf belum sempat posting, paling ngider aja ke MP-MP tetangga
ngider di jogja juga belum sempet
habis kardus masih banyak yang belum dibongkarin,

rumah kudu diaduk-aduk, diberesin *soalnya banyak barang yang kudu kusingkirin buat tempat barang-barangku*

 
Selama minggu lebih di rumah ada bebarapa catatan penting yang berhasil kusimpen di otak, inilah dia:

Jam biologis
yak sodara-sodara sebangsa setanah air, jam biologis orang jogja ato lebih spesifik lagi orang rumah ternyata berbeda. catet nih ya, jam 8 malam berasa tengah malam aja, gak di rumahku aja, di luar rumah juga, sepiiiiiii bettt

padahal aku baru bisa bobo jam 11 malam, alhasil blingsatan gak nggenah
terus tau pada bangunnya jam berapa?jam 1 dini hari!!!!
berasa donk, baru ngliyep 2 jam eee udah pada gedebukan, berisik, ribut, radio mulai disetel......gak tau itu ibuku kok hobi ndengerin entah salam sapa ato apa gitu....hadohhhh manaaaa bantalkuuuuuuu
kalau udah jam 3 lebih berisik lagi, soalnya di TV one dah ada pengajian.


Jam makan!
12 tahun jadi anak kos cukup melatihku untuk bisa sarapan jam 8--9 an
aku nyaris lupa kalau di rumah sarapan itu jam 5.30 pagi!!!!
ini berefek ke jam aktivitas dapur..otomatis paling telat jam 5 dah harus klontangan di dapur
dulu sih gak kerasa, lha wong pas masa SD_SMP_SMA selesai mandi jam 6 dah nenteng piring ke dapur getu loh....nha sekarang berhubung saya yang bertanggung jawab urusan dapur jadi ya kerasa banget *ribetnya...maklum belum biasa, hihihih*


Masak juga butuh konsentrasi, ok!
bete banget, satu pagi adekku nimbrung di dapur, komentar ini itu, mburu mburu aku kerna mereka dah lapar...padahal aku masih rajang-rajang sayuran.
diganggu gitu jadi kemrungsung, akhirnya sayurnya kurang garem deh
makanya kalo lagi masak jangan diganggu!!!


No Pedess Plzzzz
yak benar, pemakaian 5 butir cabe jawa ternyata cukup menyebabkan frekuensi BAB orang rumah meningkat tajam, dari awalnya 1x menjadi minimal 4x


Pasar?TOP!
woaaaaa.....harga sayuran murahhh bangettt bok
jadi jangan heran kalau semuanya musti kucemplungi aneka daun-daunan.
aku pasar seminggu sekali, setiap sabtu,selama 2 jam (*kata adekku: Betah amat sih, ibu aja gak selama ini!!!*..yeeee ibu kan dah master, aku kan masih amatiran wajar dunk kalo bolak balik sana sini, tentengan ampe 5 plastik*)
seumur umur saya mah jarang ke pasar, di Jakarta juga milih ke tukang sayur aja
tapi di sini tukang sayurnya kurang bisa diandalkan euy......plus dalam rangka penghematan, lebih murah belanja ke pasar, hihihih

Nama pasarnya :Pasar Setan....dengan bunyi e seperti kata "seperti"
nti kalau enggak dikira pasar memedi dehh...
sekali ke pasar habis uang Rp50.000, pulang-pulang isi kulkas langsung fenuhhh


Pecel kok campur mie
ooo...jadi kalo gak bilang dipisah sama mbah penjualnya pecelnya bakal otomatis dicampur bihun......oooo gitu tho pecel sini *manggut-manggut*


Tempe Mondol
ealahh, ternyata kalo di penjual tempe ada 2 jenis tempe: tempe mondol yang jadinya besok, sama tempe yang dah jadi hari ini.  kalau buat stok beli mondol aja, sampe rumah dihampar di tampah, besok setelah jadi masuk kulkas deh......terus tempe satuan yang dibungkus daun lebih enak daripada tempe papan *ya,ya,ya...baru teu, biasane liat tempe dah diiris panjang terhidang ringan gurih berwarna cokelat di atas piring......langsung ngemplok aje*


Gudhek?
Percayalah saya belum sempat makan gudhek disini......



cemilan?bikin cilok aja!

jadi mbak rumah tangga emang kudu kreatif yak, salut deh buat para ibu rumah tangga dimanapun kalian berada

Resep:
100 g kanji
100 g terigu (atau 80 g)
daun bawang dicincang halus
seledri dicincang halus
bawang putih 3 siung, haluskan
garam sekitar 1,5 sampe 2 kurangg dikit sendok teh (penyedap rasa kalo mau)
air 125 ml


cara membuat:
campur tepung kanji, terigu, daun bawang dan seledri
didihkan air+bawang putih+garam
siram air ke adonan tepung
ulenin sampai adonan kesat
bentuk bulat bulat kecil, sementara itu jerang air di panci
kalau air dah ngepul-ngepul, masukkan gelondongan cilok-cilok itu
butuh waktu beberapa menit, nanti kalau sudah mengapung angkat, cek dalamnya dah mateng/beum. angkat, tiriskan.
biar lebih mateng, kukus. supaya dandang gak lengket alasi daun pisang yang udah diolesi minyak.  kukus sekitar 10 menit.

bumbunya aku pake bumbu pecel instan yang tinggal diencerin, ato saos botol

bikin mulut gak brenti ngunyh deh...hihihihihhi



yak, itulah sekelumit minggu pertamaku di Jogja....
have a nice day ya kawan kawan




24 comments:

south-east star said...

gudhek apa gudheg Mbak? :P

lani marliani said...

mommy..aku, almira, n ayahnya ada rencana mu holiday nang jokja. mungkin skitar bulan juli-agustus gitu. coba kosongkan jadwalmu yo. jamu tamu agung dari kalimantan..wokeh :)

Dewi Rieka said...

wah welcome home mba, kl ada waktu main ke ungaran yak..deket kook..iya tadinya aku binun gudhek itu apa? Hihi gudeg ya..

Hani Ummunawwaf said...

mbak sitaa..jogja-nya manaa??

semoga ibu lekas pulih ya mbak, terharu bener, baca diary stoke-nya...

Prasetya Agung said...

Selamat jadi wong Yojo ya?.. jangan lupa di ganti tuh lokasi tempat di bawah fotonya tertulisnya masih DKI Jakarta..he..he.. (Jadi keingetan masa tinggal di Yogya nih.. enak ..)

Arie - Bunda Icha Anakku Sayang said...

wah senangnya akhirnya ...pulang ke kotamu...nyanyiin ala Katon ya mbak..:)

shanti saptaning said...

mbk Shinta...sugeng rawuh ...belanjanya di pasar Condongcatur bukan ? *ups, baru ngeh, belanjanya di pasar Setan*
aku hampir tiap hari ngider pasar, padahal pulang2 paling bawa jajanan bram, ayam sama krupuk ...hehehehe
ngomongin tempe, aku justru suka tempe merk prima, yg setengah mateng, jadi masih lembek, kalau digoreng meprul pada mrotholi gitu lho mbak :))

shanti saptaning said...

hihi...tentang sarapan mruput itu, sama lho dgn tradisi di rumah ibuku, jam 5.30, udah siap mengepul di atas meja
yg tinggal makan siy enak, yg masak itu sejak sebelum subuh udah upyek di dapur :-D
btw, kapan2 bisa jalan pagi/sepedaan bareng niy, minggu pagi di pasar kaget ugm, car free day :)

laksita wijayanti said...

nhaaaaaaa tulisane aja aku gak ruhhh thooo.......xixixix

laksita wijayanti said...

horeeeee....bawa banyak upeti duuunk lan?

laksita wijayanti said...

whoooo ungaran yang deket semarang tho mbak?mbak'e nang kono?

laksita wijayanti said...

ikiii mbak han, di dolo, wedomartani, ngemplak, sleman
arah makro ring road utara..wesss adohh seko ndi ndi kie mbak

laksita wijayanti said...

whakakakaka, iya, iya, lupa kiek mas....maklum masih euforia pindahan*alias kecapean badan pegel pegel*

laksita wijayanti said...

jrenggg...jrenggg...hayo mbak aku gitaran buat ngiringiin

laksita wijayanti said...

waksss, merek prima?coba besok kucari di pasar setan ada gak ya
nhaa kalo kecondong catur sebenernya bisa mbak cuma ya agak jaoh
di sono ada lopiss enakkkk bangettt lhooo.....
kalo ke pasar bisa jalan kaki aku juga semangat 45 buat kesana terus kayaknya, hihihih

laksita wijayanti said...

nhaaaa betull itu mbak.....mata masih kriyep kriyep dah kudu ngiris ngiris bawang
untung gak keturon di dapur bisa gosong tuh telor dah, hahahaha
waduh mbak aku belum bisa kemana mana neh
dimari kalo gak ada motor beneran mati kutu deh
angkutan umum kagak lewat
motor di rumah cuma 1 punya adekku, alhasil aku kudu nunggu jatah ajah, heuheuheu
eh iya, katanya kalo minggu ada pasar kaget di UGM yah, dimananya tuh mbak? sama masjid/bunderan UGM atau deket manah?
mbak shan di seturan bukan?

Indah Lestari said...

wah jadi kangen pecel + mie...daerah jateng memang khasnya seperti itu..

shanti saptaning said...

emang ya, di jogja tuh kalau gak ada motor mati kutu beneran ...angkot terbatas jalur dan jam operasionalnya
naik sepeda kudu ati2 karena pengendara motornya pada ganas2 :-D
iya mbak, aku masih di seturan sampai tahun depan
pasar kaget itu ya di sekitar bunderan itu, masjid juga, dulu malah sampe' graha saba segala :)

laksita wijayanti said...

hahahaha, ah mosok mbak? aku aja ampe keheranan..lha wong nasi goreng yo dicampur mie..wes jan, pada hobi mie ternyata wong jowo kie

laksita wijayanti said...

setujuuu mbak, mati kutuuu benerann
kalo masih siangan, sampe sampe depan makro masih ada lah mbak yang diharepkan (bis kuning D6, trans jogja, atau colt jogja-prambanan)
tapiiii dari ring road ke rumah itu yang mati kutu...heuheuheuheu
dulu katanya ada bis kuning A6 yang lewat sini, tapi bangkrut gara gara kekurangan penumpang...wes jan.

Prasetya Agung said...

Nasi goreng dicampur mie itu namanya ..namanya ... 'magelangan' ..bener gak ya? udah agak lupa ..tapi dulu sering/pernah juga makan .. porsinya lumayan boo..

laksita wijayanti said...

nhaaaa betull itu pak.......magelangan...seporsi bisa buat berdua keknya, munjungg bener, hahahaha

susi rosmawati said...

horeee.. akhirnya back to nature lg yaw... sapi2nya di bawa ga bu??klo dah bosen kasih aku aja.. bsk ktmuan d togamas yuuuk.. bedah bukunya mba asma nadia

ati kusumawati said...

kalau aq...eman2 bikin cilok....
lha boros kanji nooooooooo
kalau pakai kanji sini...
nelen cilok nyangkut di leher saking kerasnya....