Thursday, April 16, 2009

Patin Asam Manis


Description:
dulu waktu tinggal di Palembang-surganya ikan patin- aku paling gak suka makan masakan patin yang berkuah kuah.
ya donk, ikan kan sedepnya dibakar n digoreng terus dimaem sama sambel
sedangkan di sana mayoritas masakan patin pake kuah
n itu dah tradisi..gak tau deh mungkin gak terlalu enak digoreng yah?
so, kalo bunde di rumah bikin patin yang pake kuah kuah aku mah dah verboden..jangankan makan, ngeliat pas masaknya aja ogah
eee, gak dinyana nyana kemaren waktu therapi miom malah sempet disuruh banyak banyak makan patin
ternyata oh ternyata sodara sodara ikan patin ini paling bagus buat ngebersihin darah kotor di rahim kita
so buat para ladies, masukkan patin dalam menu favoritmu ;D

kayaknya aku terkena karma sang patin neh
untung resepnya gampangg.......

ini resep keluargaku
dah dicoba dan...enakk, hihii

sayang aku suka terlalu semangat ngaduk, jadi suka ancur, hahahaha
gak banget buat difoto tapi ok banget buat disantap....

Ingredients:
bahan:
patin 1 kg (biasanya isi 2 ekor)
kunyit 1 ruas, potong tipis tipis
jahe 1 ruas, potong tipis tipis
laos, 3 iris
tomat, 1 potong kecil kecil
daun salam, 3 lembar
sereh, 1 batang
daun bawang, iris buat taburan
kemangi, 1/2 ikat
garam secukupnya
gula secukupnya
kecap manis
belimbing wuluh, 5 biji, iris iris
bawang merah, iris tipis tipis
bawang putih, iris tipis tipis
cabe rawit hijau, potong potong
cabe merah besar, potong potong
air

Directions:
cara:
bersihkan patin, cuci, lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan.

tumis dengan minyak sedikit: bawang merah, bawang putih, kunyit, laos, jahe, salam, sereh, cabe hijau, cabe merah, belimbing wuluh.
kalo dah harum masukin air secukupnya, air ini gunanya untuk mematangkan ikan. masukin gula garam.

tunggu sampe mendidih,cicipin rasanya dah pas belom. biasanya tinggal tambahin garam atau gula. terus masukin ikan, ungkep.

jangan lupa kecap manisnya. ibuku biasanya makein royco segala, tapi kalo aku enggak suka pake ginian.

masak ikan tuh gak lama, die cepet masak n empuk
kalo dah tinggal sebentar lagi masukin daun kemangi, daun bawang, tomat.
terus disattin, ini sih tergantung selera ada yang seneng berkuah ada yang seneng nyemek nyemek

17 comments:

Linda nicegreen said...

dulu linda jg gak suka ikan dimasak kuah mbk
tp pas dah kenal masakan manado yg maknyus
jadi ketagihan deh :D

laksita wijayanti said...

hohohoh, kalo manado masih rada kering mbak
lha nek palembang kuahh asliii, sop beneran
tapi patin kalo digoreng mimplesssss, soalnya lemaknya tinggi banget

dina sudjana said...

wah press prom kuali euy..

Mbak Yulfa said...

jeng jeng, di palembang namanya pindang patin. daku doyan bangeeettt.... thanks for sharing resep rahasia keluarga yak

Yoza Anshori said...

saya ndak suka pedes

sendiriajah kali said...

Keknya berat badan mu melonjak lg y?hehehe..

Paulina Pradani said...

wajannya... kagak nahaaannnn!!!!
takut keburu habis ya? hihihihi....
uenak banget ni dari tampilannya aja... menggoda.... nymmm....

Irma Ramli said...

wah trimakasih.... baru tau khasiat ikan patin ini
trims juga utk family recipe-nya :)

laksita wijayanti said...

Ancuuur MbK dIn ikannya, keseringan gini neh, aku gak bisa nahan diri buat ngaduk ngaduk

laksita wijayanti said...

ancurrr nih ikannya mbak Din, soalnya aku gak bisa nahan buat ngaduk ngaduk ....

laksita wijayanti said...

nhaaaaa, ada yang model sup gitu mbak, kalo ini aku belum sempet nyatet resepnya

laksita wijayanti said...

ck,ck,ck...brarti kita gak jodoh yoza, hahahahahaha

laksita wijayanti said...

aku biasa sajaaaaa.....*maksutnya dah balik ke BB biasa, hahahaha*
mana resep bebek goreng maknyussnya ret?

laksita wijayanti said...

psssst, ini aku terlalu semangat ngaduknya, jadi ancurrr dehhh.....hihihih

laksita wijayanti said...

iya mbak ime, patin tinggi khasiat, masaknya cepet lagi......hayuuu atuh berkreasi dengan patin, iwaknya wong kito galo, hehehehe

Paulina Pradani said...

ayo dong Jeng, ditunggu resepnyaa....... udah ngiler2 nih sama kuah pindang..... =p~

laksita wijayanti said...

wedewwwww, aku mudiknya baru lebaran ntar je jeng, kekekeke,