Monday, November 24, 2008

Membatik

Sekarang aku mafhum kenapa batik tulis itu harganya sangat mahal
proses pengerjaannya butuh ketelatenan tingkat tinggi
Bravo Para Pembatik Indonesia.



batik berasal dari bahasa jawa "niba" dan "nitik"
niba artinya artinya lilin/malam.
nitik artinya menulis/menggambar/mewarnai
jadi batik adalah proses pembuatan pola/gambar dengan menggunakan cairan lilin yang dimasukkan dalam canting.
proses batik tulis secara umum: membuat desain, memindahkan desain ke kain, menyanting, mewarnai, melorot, baru terakhir menjahitnya.

bandingkan dengan proses pembuatan batik cap:
tinggal dicap atau disablon.

ok, mari kita lanjut
hari minggu kemaren dapat kesempatan belajar batik
pengajarnya dari Museum Tekstil Indonesia

karena kita ini golongan amatir bangett
maka proyeknya pun gampang, membatik sebuah kain sebesar saputangan
kita juga gak perlu mendesain, lha wong sudah digambarin di kainnya
tinggal pilih mau motif garuda, tulip, kupu kupu, abstrak
pilihanku motif tulip.

berhubung masih taraf belajar, maka peserta wajib memakai celemek
ini biar baju kita gak kecipratan lilin.
ngeliat mbak instrukturnya sih gampang
tapi pas bikin sendiri...............buset dah.
megang cantingnya salah dikit atawa gak konsen
udah deh lilinya netes di kain
cemong cemong...heu heu heu
alhasil tema batik karyaku jadi "bunga tulip kesiram hujan deress.."
saking banyaknya tetesan lilin nya....

proses melilin dilakukan di dua sisi
atas dan bawah
nanti setelah pewarnaan dan perebusan
bagian yang dililin akan berwarna putih


its a great activity..
jadi kalau melihat helaian batik tulis penuh motif ini
maka kekagumanku untuk para pembatik itu
BRAVO BATIK INDONESIA!



dengan tambahan informasi soal batik tulis di sini

Foto by kiky
baru ngeh neh ternyata kostumku serasi banget ama celemeknya yah
hihihihhi.................




20 comments:

Vita Rumanti said...

yap! Perkenalkan pengarjin batik berbakat dari cimanggis. Raden ayu sita marita.

laksita wijayanti said...

*langsung pasang pose menghadapi wartawan*

Tian OT said...

membatik (tulis) itu memang kerajinan tingkat tinggi, dan layak dihargai tinggi pula.

*yang baru dapet kemeja batik tulis dari pak RT --untuk panitia pernikahan putrinya. :D

laksita wijayanti said...

Betul pak,hasil karya y sangat layak dihormati

Ade Puspitasari said...

*pengen ngebatik*

Laurentia Dewi said...

percaya ato ga, aku jago mbatik. karyaku dulu sampe diambil paksa ama guru batiknya. karena ga ikhlas, aku 'curi' dari ruang guru, whuhauhauhaaa !!

Nia Nurdiansyah said...

Betul, Mba laksita...blum lagi kalo ketetesan lilin yg panas. Makanya jangan sampe hak patennya jg diaku2 negara lain

laksita wijayanti said...

*ngesih canting ama lilin ke mput*

laksita wijayanti said...

ahhh bener jeng??
wuihhh hebatttt, bikin batik kontemporer jeng
cakep banget
link yang kukasih itu bikin batik kontemp di jogja

laksita wijayanti said...

setuju 100% mbk.

Laurentia Dewi said...

weh, kamsia.
ribet buanget !
resiko kebakarannya gede juga ( lilin & api = fire )
engga deh, heheee..
blom lagi tangan jadi rusak & berwarna gara2 proses celup dan luruh.
ga lagi dah, whoaaa.. :p

laksita wijayanti said...

whakaka, satu lagi alasan pembenaran kenapa batik tulis itu mahal

Linda nicegreen said...

mau donk mbak diajarin mbatik :)

laksita wijayanti said...

hayoo atuh mbk
asyik kok, 3 jam gak bakal kerasa dehh

Julie R said...

Terakhir membatik 5 tahun yang lalu kali. Ada cerita lucu: karena aku ga sabar pake kompor kecil, lalu aku bereksperimen konyol pake kompor gas...maka meledaklah itu wajan karena kepanasan, he3x...untung gpp. Alhasil, aku harus lembur 'ngerik' cipratan malam yang mengering indah di dapur mama...hahaha...

laksita wijayanti said...

hahahahaha...itu baru nyahooo
malamnya kan nempelnya kuwat banget mbk

Julie R said...

Iya, kelet bgt, bayangkan aku harus mengerik malam yang sudah membentuk pulau-pulau di dapur & di kompor. Makanya, jangan coba-coba, hahaha.....Memang membatik itu ternyata harus penuh kesabaran, ga bisa dibuat instan ya...

laksita wijayanti said...

betolll skali mbk
baru ngebatik saputangan aja pinggangku dah pegel
dah keringetan
kebayang kalo membatik sehelai kain yang meteran gitu deh

ati kusumawati said...

Lele..
aq dibikinin baju batik yg model kimono yo...
batike yg special...tapi ga pake telor...
(menunggu sampai Lele bisa membatik dan ngirimim baju ke sini)

laksita wijayanti said...

*langsung mbikinin pesenan bunda,batik cimanggis atawa batik bercorak ikan lele di kulem*