Monday, October 13, 2008

[Resep] Soun Cabe Ijo

ini masakan ala anak kos
bahannya gampang, bikinnya mudah
buktinya, pagi ini aku masih sempet masak buat sarapan ma makan siang, hihihi
yaaa maklum ya, kerna namanya juga pemasak amatiran
banyak yang melenceng dari resep aslinya
contohnya nih ya, kata Bunde kalo dah pake cabe rawit*aku tambahin juga cabe keriting* gak usah pake lada lagi, nanti pedesnya kemletik
tapi aku keukeuh naburin lada, hihihih
soalnya pas ada bubuk lada sihh di samping kompor....
terus aku gak pake gula pasir lagi, soalnya dah pake kecap manissssss ABC*yang prof make Bango, yang amatir make ABC, hihih*....
terus bagusnya pake telor, diorak arik di bumbu, gak pake juga no problemo sih
makin manteb kalo airnya air kaldu...yummmy
keknya kurang sayuran ya, laen kali mo kumasukin sawi, wortel, ama putren juga.


Soun cabe ijo ala Sita
bahan:
Soun....berapa gram ya? itu lho sebungkus aja*gak punya timbangan.com*
cabe ijo besar                  3 biji, potong serong
cabe rawit                        6 biji, potong kecil kecil biar makin mak nyuss
cabe merah keriting          2 ajah,  potong serong
bawang putih                   4 siung, diiris tipis tipis
bawang merah                 6, diiris tipis tipis
air                                  1/2 gelas*ini setara 50 ml bukan yak?*
kecap manis                   2 sdm
saori (ato kecap asin)      1 sdm...errrr, sebenernya untuk kecap gak ditakar pasti, asal crot crot aja di pinggir wajan gitu lhoo, seperti saran dari bapak Rudy Choirudin teaa.....
minyak goreng                 2 sdm
garam                             1/2 sdt
lada                                1/4 sdt


cara membuat:

- rendam soun di dalam air, kalo pake air dingin diamin beberapa lama sampe lemas, kalo pake air anget begitu rendam bisa langsung ditiriskan n siram air dingin biar gak lengket...jangan pake air mendidih yak, mlonyoh ntar lohh....nah kalo aku setelah ditiriskan tambahin kecap manis, biar lebih meresep.

- panasin minyak, masukin bawang putih, bawang merah, tumis sampe baunya harummm
- masukin semua cabe cabean, srenggg srengg....tambahin garam, air, icipin.
- tambahkan soun, kecap manis, saori. orak arik sampe rata. masak sampe matang.
- sementara itu siapkan piring dan nasi anget plus krupuk.

*jangan lupa dah harus masak nasi dulu loh ya..........hahahahah*



23 comments:

yelli ordinary people said...

kreatif :)

laksita wijayanti said...

biasa jeng, anak kosss......

Eka (Eko Suryanti) said...

mmmmmmmmmmmm

Vita Rumanti said...

Kayaknya kok gampang ya...
Ntar tak coba ah.
Thanks.

Bunda Estherlita Suryoputro said...

ini makanan yang paling aku suka....
sayangnya kalorinya tinggi banget dibanding bihun goreng...
padahal hiks enaks banget

laksita wijayanti said...

Korden: laperrrrrrrrrrrrrrr yaaaaaaaaaaaaaaaaa
jeng vita: monggoh jeng
mbk esther: tapi manteb mbk, soalnya pedes pedes merangsang,hihihih

Julie R said...

waa.. jadi pengen bikin niy, udah lamaaa gak makan ginian, enak deh..Menu ini kayaknya selalu ada deh di warung anak kos di Jawa & pedess bgt...kalo aku tak tambahi buncis biasanya, trus karena sounnya pake soun yg tebel2 gitu, jadi aku namain oseng2 kawat, hehehe...

lina lathifa said...

hap hap... [blum sarapan]. bikinnya brapa menit mbak? bisa kilat?

laksita wijayanti said...

Mbk Julie: yaaaa betulll mbkkk, pake buncissss...pantesann keknya ada yang ilang gituuu

Mbk LIna: 1/2 jam dah beres mbk, lama di ngupas ngupas, motong motongnya, kalo dah tinggal nyemplungin cepet kok.

akyas tarmidzi said...

ditambah bunga kol pasti lebih menarik..

laksita wijayanti said...

kirain disuruh bunga kemboja jepang, hihihihihih

akyas tarmidzi said...

bunga kamboja dit4ku...identik dgn kematian jeng..
hehe..

dina sudjana said...

wah dipadu ama ikan asin.. udah deh.. orang mau demo, mau tonjok2an.. cuek aja saking menikmatinya makan gini ha ha ha

akyas tarmidzi said...

lebih enak lg disajikan dgn nasi+bebek bakar.
bihunnya bisa2 terlupakan...hehe..

laksita wijayanti said...

kang akyas: oo beda kangg, kalo kemboja jepang mah adenium atuh
mbk Dina: aku maren dapat ikan asin sapu sapu mbk, binun mo diapain ikan gepeng itu.
kang akyas: alamakkkkk......

akyas tarmidzi said...

menu yg dirumah kmarin apa jeng?
tahu?

laksita wijayanti said...

minggu kemaren? sarden saus tiram dunkkk....

akyas tarmidzi said...

itu lho yg ditawarkan padaku...

laksita wijayanti said...

itu sih sambal goreng kentang sama kucrut
kucrut itu kek tahu kupat tapi gak pake kupat
kupat kurang laku di rumahku, enakan nasi, hehehehe

akyas tarmidzi said...

nah itu yg saya maksudken...hehe..
resepnya?

laksita wijayanti said...

hohohohoh, bentar bentar, aku cari fotonya dulu yak
sabar sabar.

akyas tarmidzi said...

rebes boz!
hehe..

Meli Meliana said...

belum nyoba. gagal ngak yah.