Tuesday, October 14, 2008

Gini ni kalo masak gak konsen

Pagi ini gw semangat 17 Agustus buat bikin sambel goreng terong
kenyes kenyes pedes dimakan pake nasi anget,wuihhh sarapan yang manteb banget tuh
still PeDe jam 6.15 baru mule racik racik
pikirnya...ahhh kan gampang, tinggal uleg tumis jadi deh
cabe keriting, cabe rawit, gula merah, garem, tomat sebiji dah pasrah di ulekan
sreggg...sreggg.....asyik ngulek
tapi kok ada yang aneh yah??...hmmm apa yah?
errr....ini lho kok bumbunya jadi berair gini?...perasaan tomatnya tomat biasa deh
apa sebiji itu kebanyakan ??....
garuk garuk pala.............
tinggal dulu ah, motongin terong ungunya dulu...
ampe beres iris iris masih aja kebingungan....apa yaa yang kurang?
*ceklikkk....rice cooker dah njeglek, nasinya dah mateng...tapi ini lauknya setengah jadi aja belom*.....


duhhhh................................pusing, gimana buat ngentelin ini ya?
apa masukin kemiri? deuuuu, sejarah dari mana sambal goreng pake kemiri, ntar rasa kaco balo baru tau rasa dah...

tapi apa yaa...........nengok ke atas............dan BINGOOOOO!
YA AMPYUNNNNN AKU KAN BELOM MAKE BAWANG BRAMBANG!!!
pantesan aja, ditunggu setahun juga bakal encer mulu...................
heu heu heu makanya kalo masak konsen ya temen temen.............


*PS: gak ada foto, lha wong selesai jam 7.15 belum mandi n beres beres*


Sambel Goreng Terong Ungu

Bahan:
Terong ungu, dibelah 2, dipotong kecil kecil, goreng bentar

Bumbu halus
cabe rawit                     7 biji*penyuka pedas dunk*
cabe merah keriting       3 biji
tomat                           1 buah ukuran sedang (aku pake yang besar pantesan airnya banyak)
bawang merah               6 siung
bawang putih                 4 siung (eh kenapa ya jumlah bawang merah selalu lebih banyak?)
garam                           1 sdm
gula merah                     waks, seberapa ya tadi? gak diukur, kiralogi aja
gula pasir                       ini buat nambahin kalo manisnya kurang

-----------> semua bahan bumbu halus diulek sampe lembut, inget ya bu, konsentrasi biar gak kebingungan kek aku, hihihi


kecap manis
minyak untuk menumis
air


cara membuat:
-panaskan minyak
-tumis bumbu halus sampe harum
-tambahkan kecap manis, aduk, icipin kurang apa
-masukkan terong dan air
-aduk aduk sampai matang,

28 comments:

akyas tarmidzi said...

wah maknyus tenan jeng...
bisa dikentelin pake tepung maizena kan?

laksita wijayanti said...

tapi kalo gak pake bawang brambang tetep aja gak enak kang
buktinya setelah dimasukin keluarga bawang bawangan semuanya jadi terkendali, hihihihi

The True Ideas said...

jadi masak itu pake bumbu konsentrasi jugak ya? :)

laksita wijayanti said...

yak betul sekali pak Syamsul
kurang 1 aja...........bakal kacow jadinya.

akyas tarmidzi said...

emang ndak konsen knp jeng?

laksita wijayanti said...

hmm....kerna bangun kesiangan, lampunya mati sebagian jadi rada remang remang gak jelas, hihihih

akyas tarmidzi said...

oalah gitu tho...hehe..

eka ningsih said...

Manteph bgt tuh mb sita. Dah lama ngga nyambel terong gt. Biasa eka pake gula jawa jd lbh legit:-)

Margono M. Amir said...

Betul sekali! Entar ngerebus aer aja bisa gosong!

Didong Didong said...

wah aku suka bgt terong balado loh..palagi makan sm nasi anget. sedaaaappp..

yelli ordinary people said...

untung ga gosong ya :P

Vita Rumanti said...

Mba, biar masaknya ga konsen, makannya harus tetep konsen yak. He...

zki rizkika said...

judulnya ganti tuh...."gini ni kalo masak tetangga nda niat dibagi" hihihihihihi.... :D

akyas tarmidzi said...

iya nih..
saya aja yg "deket" ndak pernah kebagian...hehe..

laksita wijayanti said...

Jeng eka: bener jeng, pake gula jawa, gurih niannnn
Pakdhe: ho oh pakdhe, aku aja pernah nyatuin tulang ayam ma panci, lha wong ketiduran.....

Mbak Widy: yummmy, nanti makan siang pake itu lagi mbk, hihihih, ngirit.com nih
Jeng Yelli: alhamdullilah, akhirnya jadi juga jeng
Jeng Vita: beres bos!kalo soal makan mah konsentrasi penuh dahh, hahahaha
Jeng Ky mpus: bakwannya manaaaaa??*siyul siyul*
Akyas: ho ohhh, tetangga deket sebelah yeeee, sebelah MP maksutnya, hgahahahahah

akyas tarmidzi said...

hehehe....*kedip2*

dina sudjana said...

ha ha ha..lain kali dicatet kaya saya dulu, sebelum masak diabsen dulu atu2..
jangan lupa pake bumbu rasa cinta, buka rasa cemburu yaa ha ha ha

BIG Sensei said...

gak pa-pa, yang penting hasilnya dikirim ke kost an ya....

laksita wijayanti said...

Mbak Dina: iye mbk , bener bener, kudu bikin list, maklum jam terbang masih kurang
sama kek belanja ke tukang sayur, dicatet satu satu, hihihi

Big sensei: haik!!!....tapi dah tinggal dikit, hihihih

M Aqsha said...

slurrpps!terong's my fave!

laksita wijayanti said...

om, om, kalo terong bumbu kacang ok banget lhooo
nanti kalo aku dah dapat resepnya dari ibu aku posting deh.

BIG Sensei said...

kalo gitu di menu yang berikutnya aja ya???

Mbak Yulfa said...

wah, terong mah kagak ada matinyeee.. diapa2in juga mak nyusss... *glek*

laksita wijayanti said...

kalo digoreng pake tepung bisa renyah gak mbk?

lani marliani said...

Wah,tampaknya kos2an teletubies dah pada kumplit smua ya pralatan dapurnya..

laksita wijayanti said...

whahaha, betul sekali jeng lance
terutama tiap wiken ada yang pesta masak masak*ngelirik ky n nes*

ati kusumawati said...

menatap herannn...
koq sdh langsung brubah menu gitu Le??
haruse kan bawang di rebus..cabe di rebus??
kenapaahh di goreenng??
kan konsekween niy Leleee

laksita wijayanti said...

*siyul siyul* sekarang dah boleh ok bunda.....