Thursday, March 13, 2008

Lekas Sembuh ya Bunda!

kira kira  pertengahan Februari ibuku ngirim kabar
kata dokter beliau kena sejenis flu tulang
di internet flu tulang sering disamakan dengan Chikungunya
tapi kupikir yang diderita ibuku lebih ke radang sendi atau rematik
gejalanya tulang senut-senut, sering ngilu, gak tahan dingin
selain itu tekanan darah ibuku juga pernah sekali drop

Dari dokter dikasih obat pengurang rasa sakit
tapi ibuku gak puas
akhirnya nyoba ke pengobat tradisional di jogja
obatnya berupa ramuan herba, macam macam jenisnya
ada yang kapsul, ada yang pake direbus
Kudu berpantang gak boleh makan sayuran "dingin"
terus dianjurkan banyak gerak*padahal ibuku itu sudah masuk tipe gak bisa diam*
tapi lazimnya pengobatan herbal, proses penyembuhan berjalan lama
aku inget itu karena dulu beberapa kali punya kesempatan ngobrol dengan pengobat2 di Jakarta

setelah 1 sesi pengobatan selesai ibuku mulai curhat
"biayanya mahal!"
"repot sekali nyiapin ramuan herbalnya"
"tempat prakte pengobatnya jauh"
tapi yang paling mengkhawatirkanku..."kok sakitnya gak berkurang-kurang yaa"

akhirnya aku bilang stop dulu pengobatannya
nanti aku cariin obatnya


pertimbanganku sebenernya sederhana
kalau orang sakit, imunitas atau daya tahan tubuhnya pasti menurun
celah inilah yang seharusnya dipulihkan
tubuh manusia itu diciptakan Allah sebagai satu sistem yang ajaib
kemampuan merecoverynya sangat tinggi
nah misal daya tahannya sudah pulih, asupan gizi bisa termetabolisme sempurna
dia akan otomatis memperbaiki "retak-retak" di sistemnya.

mulailah kasak kusuk cari informasi
emang banyak alternatif lain: VCO, buah merah, spirulina, gamat
maka diadakanlah seleksi
Gamat-
temenku, Vina, pernah ngasih sebotol besar gamat ke aku.
yang kurasakan gamat itu memberi efek menenangkan
molorku yang dah pules tambah tambah pules lagi
aku khusus pake gamat kalau kudu begadang n nglembur
soalnya enak, walaupun tidur cuma 2 jam, asal sebelum nglempus minum gamat
bangunnya seger lagi
kayaknya gamat ini bekerja di pusat syaraf
cocoknya sih sebagai penenang
untuk kasus ibuku? erm...kurang tepat

Spirulina-
berasal dari ganggang laut
terkenal dari zaman dulu sebagai supplemen kesehatan
aku pernah ngirim spirulina ke adekku
efeknya gak begitu terasa


VCO & Buah merah
kesamaannya dua-duanya berbentuk minyak
pilihan ini langsung kusingkirkan
metabolisme orang orang sepuh seperti ibuku tidak secepat waktu muda
bagaimana jadinya kalau residu kedua bahan ini malah mengendap tidak terolah?
nanti malah ginjalnya yang kena
secara umum VCO relatif aman kok
kalau buah merah.....................hmm, jujur aja, rada meragukan

lalu tiba tiba aku inget pernah baca tentang kolostrum
eee di MP juga ada yang ngereview ini
tepatnya di rumahnya Mbk Ilna
terus nyambung sama di sini
menurut aku cukup masuk akal
lalu bismillah aku ngontak Mbak Ilna via Ym
dapat penjelasan macam macam
akhirnya aku memutuskan gak ada salahnya mencoba
dan Subhanallah dapat banyak kemudahan dari Allah lewat Mbak satu ini
2 dus susu naco langsung dikirim ke Jogja
terus aku boleh menunda pembayaran
maklum karena aku masih berkutat di senayan alias belum sempat ke ATM
Makaciehhh ya Mbak Ilna, God Bless You.......


beberapa hari kemudian susunya dah sampai dengan selamat ke Jogja
aku langsung ngasih briefing via telfon ke ibuku
pertama sugestinya, ini bagian yang penting sekali dalam pengobatan
aku jelasin susu itu bagus banget buat kekebalan tubuh
nanti penyakitnya bisa berkurang, Insya Allah sembuh
tapi ibu kudu sabar, kan kalau masalah asam urat sama sendi itu hasil tabungan bertahun-tahun, jadi nyembuhinnya gak bisa 1 atau 2 hari aja, kudu telaten
terus susu kudu diminum 2x sehari selama 1 bulan full
Ibuku nurut nurut aja....


hari kedua konsumsi......sms masuk
"susunya kok anyep sih?"
"kok gak boleh dibikin pake aer panas, kan enak kalau anget anget"
"boleh ditambah gula gakkk?"

buru buru sms Mbk Ilna malam malam, nanyain
ya secara aku juga belum pernah nyicip susu ini tho


tiap hari aku rutin ngecek perkembangan
nanggapin keluhan ibuku yang katanya kadang kadang pusing kliyengan
note: reaksi detoksifikasi pengobatan apapun biasanya berupa keluhan tidak nyaman, salah satunya pusing

gak terasa hari ini sudah 13 hari ibuku mengkonsumsi kolostrum
seneng banget dari hari ke hari denger progressnya
"susunya lama lama seger ya" *bagussss, lidah beliau akhirnya terbiasa
"badan sudah mulai enak" *Alhamdullilah, ada perbaikan"
"dah bisa makan enak lagi..*Syukurlah*

masih ada 34 sachet yang kudu dihabiskan
Tetap semangat ya Bunda!
semoga cepet sembuh....

28 comments:

isti yuliarso said...

Sakitnya seperti ibuku beberapa waktu yang lalu ....:(

Semoga lekas sembuh yaa ..

Yeti Setiawati said...

Semoga cepat sembuh buat bundanya

laksita wijayanti said...

amin
tengkyu mas is n bunda;))

yelli ordinary people said...

cepet sembuh ya bunda

Kang Dani :) said...

Syafakillah ya Bunda, turut mendoakan. Btw, harga susunya mahal ga mbak? kalo untuk darah tinggi dan asam urat bagus ya?
*kebayang emak di kampung*

laksita wijayanti said...

aminn*peluk peluk jeng jelloy*

laksita wijayanti said...

Kang Dani: harga 1 boks isi 30 sachet Rp 320 ribu kang;))

dina sudjana said...

cepet sembuh buat bunda yaaa..

dewi cendika said...

smoga bunda lekas sembuh...Amiinnn

rifi zahra said...

semoga cepet sembuh ya bunda...
buat mba sita, keep praying!

laksita wijayanti said...

amin, makasih bunda Dina n ichenzr;))

laksita wijayanti said...

tetep smangad juga sis zahra!!!!

Arie - Bunda Icha Anakku Sayang said...

semoga lekas sembuh Bundanya ya mbak..amin

laksita wijayanti said...

amin, makasih Bunda Icha
iya nih, belum balik ke jogja lagi
kemarin dipingit gara gara pameran
sekarang dipingit gara gara proyekan buku
hhhhh
pengenh nyari gawean di jogja aja neh
sekalian nemenin ibuku

Dyan Anggraini said...

semoga bundanya mbak sita cepat sembuh ya. Amin..

laksita wijayanti said...

maturnuwun bunda raihan;))

lani marliani said...

mom..mom...kasus sembuh tuh...
aku usulin buat edisi juni yaaa...
hehehehe...

laksita wijayanti said...

ehm, ehm, eneng cutis yellow yang sekarang lagi pake baju ijo ijo
sudah jelas kalo kunci itu buat masak sayur bayem
gak bisa buat nyembuhin asam urat
ck,ck,ck,ck
ngelindur yeh?

lani marliani said...

hhhh...aku pikir mommy tuh dah pinter....
mommy...anak balita juga tau, kalo kunci itu buat buka pintu...
masa kunci dipake masak sayur bayem..
ntu mah temukunci atuuuh...
lagian bukan buat asam urat, tapi kanker...
weeeek....beda jauh kaaaan...
*aku menang kali ini*

laksita wijayanti said...

ck,ck,ck,ck
ngeyel banget sih anak ini
coba dikau tanya sama orang orang jawa tengah
jogja terutama
tanya, kalo masak sayur bayem pake apa?
pasti jawabnya...kuncii!
coba deh dicek lagi pelajaran bahasa indonesia
soal majas majas itu
hhhh, susah deh ngomong sama anak belakang.

Tee - said...

semoga cepat sembuh ya...!!! eh susu itu beneran bagus? soalnya aku mo ngasih ke bapakku kl bagus... pantangannya apaan aja ta?

laksita wijayanti said...

bagus mbk, sebagai minuman harian juga bagus
susunya harus bibuat pake air dingin
terus diminumnya habis makan.
pantangannya kalo buat penderita sendi/asam urat ya gak boleh adem ademan, sama pantang makan beberapa jenis sayuran kayak bayem, emping.

ipe gandrung said...

insyaallah ikhtiarnya dikabulkan en bunda lekas pulih sehat wal afiat ya le.... ^_^


yoha, stop yang berserat *kaya ibuku* ga bole bayem, nangka, emping, daun singkong.. fiuhh dll dsb dah pokonya..


tapi ibu bukan kena cikungunya ya le? temenku kemarin ada yg kena tuh, bangun tidur langsung mati rasa smua, ga bisa bangkit dari kasur gitu... kalo aku dulu juga pernah kena ngilu sendi ga jelas. sampe cek darah 2x kerna takutnya kena asam urat, tapi ternyata ga tuh. aneh bgt. alhamdulillah sembuh *pas udah pasrah kerna sumpah sakit banget en sedih saben mau turun angkot kerna kudu nunduk2 sakit banget* fiuhhh... dan sekarang.. kalo liat nenek or kakek jalannya bungkuk, jadi sedih... soalnya berasa "tahu" gimana rasanya...

cepet sembuh ya ibu... kalo udah sembuh maen ke jakarta yaaa... ^_^

laksita wijayanti said...

katanya sih flu tulang itu emang sejenis chikungunya peh
mungkin baru gejala atau stadium awal
soalnya beliau masih bisa gerak jalan jalan
cuma kadang kerasa ngilu banget aja.

iye nih, ibuku dari dulu rada susah diajak jalan jalan keluar kota
buktinya 4 tahun aku di mekarsari,belum pernah nengokin aku, heu heu heu.
dulu waktu kuliah 5 tahun di bogor
bunda cuma datang 3x
1 waktu aku pertama datang
2 waktu aku habis operasi
3 waktu aku wisuda

hihihihihih

ipe gandrung said...

ajakin ke jakarta le... wisata kuliner... nonton kunti... piye seh..

ikikikikikk...

laksita wijayanti said...

wuihhh, iso diomeli sehari semalam akuuu......

Kanda Kakanda said...

bagaimana kabar bunda Sitha ?
SyafahaLlah

Yulia Artati said...

untuk asam urat bisa lihat tulisan saya di yartati.multiply.com