Thursday, September 6, 2007

Whats Wrong With My Name??

Svarnabhumi international airport, Bangkok 2 sep 2007,
di sela waktu menunggu boarding pesawat sempat berkenalan n bercakap cakap dengan seorang bapak bapak asal India, an india moslem named Mr Khan*psssst, satu klan sama Shahrul Khan loh, kira kira aku bisa nitip salam buat doi gak ya...heu heu heu*.
Mr KHan orangnya rame n terbuka, setelah tukar tukar informasi kabar berita sana sini tiba tiba dia nanyain soal asal usul namaku...........

" are you a moslem?"
-Yup sir
*perasaan tadi daku dah jawab salam n kan aku pake jilbab, kok masih ditanya yaaa?rada heran juga*

"But why your name like hindush goddes name"
-heh???*kaget setengah idup*noooo, laksita is a beautiful name, its from sansekerta language, my father give it as a gift for me, his first child.  The full meaning is  a famous woman or fight, wijayanti mean a Victory.  Great isn't?

"hmm, but why your father didnt find the name from the Quran?"
-whats wrong with my name?

"nothing wrong, but as a women moslem, you should change your name, better from Quran, name is a pray"
-hey, Sita is common name in my country, it doesn similiar to one religion.

"hmm....i think you should change it. in India we use jamilah, aisyah, and other common name from quran for women name"
-*kebayang namaku jadi Jamilah Wijayanti..heu heu heu*



alamak.....ini yang kedua kali namaku diprotes orang
dulu pen pal ku dari India juga bersedia bersusah payah manggil aku Wijayanti hanya gara gara dia ogah pake nama Sita.
pfuihhh.......................whats wrong with word "sita"??

53 comments:

ilna sari said...

nah lho, nama gue jangan2 kudu ganti juga nih :D

Irma Ramli said...

:-)
ada yg mengatakan "apalah arti sebuah nama" tapi di satu sisi ada benernya juga, nama itu ibarat sepenggal do'a buat seorang yg dikasihi ............halahhhhhh

NoviKhansa Utami said...

nama aku juga ga islami... gimana, donks? pake nama "bulan" pula... psaran pula....hehehe,

Aku pikir sih insya Allah nama yang telah diberikan ortu, adalah yang terbaik untuk anaknya... :)

tiap orang beda persepsi...

Abdul Gaffar Karim said...

Maksudnya si Khan itu harus berbau arab kali ;)

I would say, nama yg terpenting mengandung makna, dan dalam makna itu ada harapan dan doa. Dan kedua, nama itu pemberian orang tua; kita gak usah ragu dengan nama itu gara2 ada 'orang tak dikenal' memprotes nama kita.

Emangnya hanya nama yg berbahasa Arab saja yg oleh Tuhan dipahami maknanya? Gak kan? ;-))

Laura Khalida said...

namaku gimana ya?

laksita wijayanti said...

heu heu heu.......jadi inget cerita ibuku
dulu waktu milih nama bapak n ibu saling ngotot ngotottan
ibuku pengen ada nama Siti di depan*menurut beliau, nama cewek muslim cantik kalau pake awalan siti*
tapi bapakku keukeuh dengan hasil temuannya*laksita itu nyomot dari kitab boso jowo*....heu heu heu

bondan suryo said...

lain ladang lain belalang
lain negara lain pula budayanya
gitu loooh, Pak Khan
:-D

Abdul Gaffar Karim said...

'Siti' niku nggih boso Jowo lho neng, sanes boso Arab...

Anyway... apa 'Islam' cuma yg 'Arab' saja? apa kalau pake nama Jawa, India, Cina, lalu bukan Islam?

Ina Salisya said...

nama adalah doa dan pengharapan.
ya mungkin di india laksita kan terkenal sbg nama dewa, ya mungkin dg begitu identik dg agama hindu.
But, ga usah dipikirin lagi ... sante ajah ... namalaksita kan juga pengharapan dr ortu.
Berati jadi peajaran, besok kalo mo punya anak kasih nama islam aja :)

Tian OT said...

hehehe. memang nama laksita itu mirip-mirip nama india. tapi no problem. yang penting kan orangnya. ;) *namaku juga (tian), bahasa cina.* :D

Ina Salisya said...

setahuku siti itu dari kata sayyidati ...

Abdul Gaffar Karim said...

Sayyidati betul bhs Arab; dan kalau betul siti adalah dari sayyidati, siti itu sdr bukan bhs Arab. Maknanya juga sudah bermetamorfosa. Scr harfiah dlm bhs Jawa, siti berarti tanah. Dalam falsafah Jawa, 'siti' merujuk pada 'bumi', yakni tempat menanam benih. Jadi kalau org Jawa memberi nama siti pd anak perempuannya, sy yakin yg ada di benak bukan 'sayyidati' melainkan 'bumi'.

Jumiarti Agus said...

ada ada aja ya, kok sampai protes nama segala,.

nana yuyu yuana Ates said...

namaku juga gak berbau Islami, dan walopun asalnya dari bhs Sanskrit tapi lebih berbau Kristiani, bukan Indihe seperti namamu (aca acaa hahaha)

waktu lagi browsing nama bayi di salah satu situs Islami, disitu ditulis bahwa sebaiknya nama itu nama yang baik dan Islami, karena di hari penghabisan nanti kita akan dipanggil dengan nama tsb oleh malaikat, karena itu dianjurkan jika nama kita bukan nama Islami supaya menggantinya. tapi setelah diskusi dengan suami, menurut dia Allah SWT tidak akan menilai kita dari nama, tapi dari amal perbuatan. hmmm... masuk akal juga... betul gak mbak jamilah wijayanti? hihihi

ema ramayangfi said...

hehehe,...
kadang memang klo di India,..nama2 dari sansakerta tuh berarti bgt buat agama Hindu,.. coz,..sansakerta kan emang asalnya dari sono,..
jadi wajar aja klo muslim India agak2 alergi pake nama2 itu coz byk melambangkan dewa dewi mereka(Agama Hindu),..
brother gw yg dr India juga protes sm MP gw yg pake nama RAMA,..
pdhl artinnya Bayang,.. bukan maksud gw pake nama dewa Ramayana,..hehehe,..

sabar aja ya mbak,.. ^_^keep ur smile,..

Abdul Gaffar Karim said...

Tahu nggak, Perdana Menteri kita jaman revolusi dulu, ada yg namanya Amir Syarifuddin... Namanya Islam banget ya? tapi dia Kristen :))

Kira2 malaikat kelak tertipu gak sama nama dia yg islami... eh, arabi itu?

http://id.wikipedia.org/wiki/Amir_Sjarifuddin

ema ramayangfi said...

hehehe,.. coba tanyakan saja sm rumput yg bergoyang,..

ema ramayangfi said...

berarti,..
jangan liat sesuatu dari kulit luarnya saja,..

indra gunawan said...

bner juga si pak Khan itu ya...

laksita wijayanti said...

heu..heu..heu, mungkin benar, untuk sodara sodara muslim di India, kata "sita" mungkin sangat sensitif.

Abdul Gaffar Karim said...

kalau di India, dewa pengatur cuaca siapa namanya?

WirdaYanti Mansur said...

Sudah tanya ortu belum, kenapa beliau berdua kasih nama itu ke Sita? :)

Ina Salisya said...

Kalo org Jawa kasih nama siti blm tentu bermakna bumi. Tergantung background keluarga juga. Kalo kebetulan org Jawa & latar belakang agamanya bagus kan berati faham juga :D. Hehe piss .. *ngramein blog-na Sita :D*

indra gunawan said...

PASTI BADAN METEOROLOGI...KALI HE..HE..HE...

Abdul Gaffar Karim said...

Makasih, Btara Indra hehehe....

Abdul Gaffar Karim said...

Makasih, Btara Indra hehehe....

See... nama kadang sekunder. Biar namanya nama Dewa Hindu, tp kalau aktif di dakwah.... you know lah... And Allah knows. Isn't it all that matter?

Ciput McQueen said...

hahaha... been there Mba... aq malah diajak ngomong bahasa Hindi, secara namaku Putrawijaya, yg kalo dibaca pake dialek Hindi jadinya Putra Vijay *halah*

Nama depanku padahal Mochamad, eh yg protes malah orang bule, secara menurut mereka salah ejaannya *halah*

kiky fitriyanti said...

bagus kok nama laksita...*halah*

Maddy Pertiwi said...

Kayaknya dulu aku juga pernah ketemu cerita ini deh di MPnya Mas Bambang Priantono. Biarin Mbak... Orang yang mengaku dirinya global namun berpikiran picik... Selama nama kita artinya OK, kenapa gak??? Toh nama kita udah jadi doa orang tua kan...

Maddy Pertiwi said...

Oiya... oleh2nya mana hehehe

laksita wijayanti said...

asikkk....rameeee!
Bunda Wirda: kerna kata Bapak nama itu punya arti yang cantik bunda, Laksita artinya wanita yang masyur atau perjuangan, Wijayanti kemenangan. ...heu..heu..heu
maddy: bener sis;))
om Ciput: hahahaha, tosssss dulu yang senasib sepenanggungan!!!
Kiky: *ngasih es krim buat sis Kiky*
Kang gaffar & Kang Indra: sudah, sudah, sesama betara kudu rukun!!
Sis Salis: sampai sekarang ibuku masih ngefans sama nama Siti..kekekeke.

Naila ^_^ said...

Hehehe sudah kuduga dari judul dan permulaan cerita, pasti ujung-2nya dikira nama hindu. Emang disini temen-2 hindu dari india, srilanka, punya nama-2 spt yang umum terdapat di Indo, termasuk nama anda mbak.

laksita wijayanti said...

ajay..ajay....*sambil goyang goyangin leher bak penari india*;)))

yanna yanna said...

kalo ngga salah baca sejarah ...yang berkembang pertama kali di Indonesia kan agama Hindu...ya ngga heran dong jadinya ....:) *yangnamanyajugannggaIslamitapiSundasekaliwalobukanorangSunda*

laksita wijayanti said...

wah iya, namanya mbk yanna emang sundanese loh, hehehehe

Taufan Piscesar said...

woi...ke Bangkok nih...
jahat lu...kaga bilang2...!!!
payah deh

laksita wijayanti said...

ya ampyun, ntu dia
notes isi nomor klepon piscesar ilang gak ketahuan juntrungannya
ampe malam keberangkatan daku dah ngudek ngudek meja kantor
tapi gak ktemu, hiks.......eeeeee di sana kok ya gak kepikiran buat nelfon indonesian mbc, hiks....

Taufan Piscesar said...

kan bisa lewat imel...iiihhh sebel

laksita wijayanti said...

habis mendadak seh, hiks, sedih gak iso kopdaran n liat piscesar junior...

budi yati said...

kali Sita nama keramat di India mbak...

Mamat Rahmat said...

jadi ganti ke Laksitha ? atau pochahontas ? :p

sendiriajah kali said...

wadow...
namakuw?mba namanya ganti laksito wijayanto....sapa tao gda yang kritik lagi

laksita wijayanti said...

sis Budi: ho oh mbk, kira kira kalo daku ke indihe jadi dikeramatin gak ya?hehehe
rahmat:...pssssttttt
retha: emang gak ada yang ngritik tapi lance sama tio pasti ketawa ngakak..hahahahaha

Andy Anggra said...

Terkadang memang agak susah untuk memberitahukan orang tua kita agar memberi nama islami buat kita--lha wong kita belum bisa ngapa2in saat itu-- Tentunya akan lebih baik kalo anak-anak kita diberi nama yang Islami sesuai sunnah saat kita mempunyai anak kelak....

forgotten dee said...

salam kenal yak mba Jamilah... hueheuehuee.. *ngaboor..*

laksita wijayanti said...

*nglempar lempok duren ke jamilah deeyand*

erna herlina said...

kalo nggak salah sih dia emang terlahir sebagai Islam cuma terus convert ke Kristen, tapi namanya nggak dia ganti.
Jadi ingat Thomas Jorgi yang nama lengkapnya Thomas Abdullah Jorgi, gara2 nyokapnya ngefans sama Pangeran Abdullah. Padahal Abdullah kan artinya Hamba Allah.

Sie Chien / 6-in said...

sita betul, laksita di Indoesia salah satu nama yang indah
tapi Mr Khan betul Juga karena dia hidup di India
Laksita kalo dak salah merupakan salah stu dewi yang di puja2 orang Hindu
so
ganti nama atau gak?
heheheeee

laksita wijayanti said...

jamilah wijayanti?heu heu heu......

Sie Chien / 6-in said...

kurang sip kayaknya lebih bagus aisyah wijayanti
kwakkwakkwak

laksita wijayanti said...

hmm.....i like Laksita better

rifi zahra said...

menurut fi (buat sekarang karena ortu pasti udah milihin nama yang baik buat kita) sih, bukan namanya yang penting (meski fi juga still believe kalo nama itu doa), tapi gimana akhlak kita, setujuuuu???

laksita wijayanti said...

setujuuuuuuu!