Monday, September 10, 2007

PAN'S LABYRINTH

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Pemenang Piala Oscar 2007 untuk kategori sinematografi terbaik, penata artistik terbaik, dan penata rias terbaik.

WARNING : walaupun sekilas poster film ini mengisahkan tentang dunia dongeng, tapi isinya BUKAN untuk anak-anak lantaran sepanjang pemutaran darah berhamburan kemana mana, banyak adegan tentara menembak langsung di kepala adn penyiksaan tawanan.


Film ini bercerita tentang Ofelia, seorang gadis kecil yang harus mengikuti ibunya pindah ke rumah ayah angkatnya, Kapten Videl, di pedesaan Spanyol Utara. Ayah kandung Ofelia, seorang penjahit seragam tentara, meninggal di medan perang. Ibunya lalu dipersunting oleh Kapten Vidal, yang sebelumnya adalah langganan ayahnya.

Ofelia digambarkan sebagai anak yang gemar membaca dongeng. Ofelia pindah ke rumah penggilingan itu dengan hati was was, bagaimanapun dia lebih suka tinggal di kota. Apalagi sikap ayah tirinya yang keras dan hanya memikirkan calon anaknya di kandungan. Ibu Ofelia terus didera rasa sakit. kondisi kesehatan kandungan tidak begitu baik. Padahal Kapten Vidal sangat terobsesi memiliki anak laki-laki. Kapten Vidal sendiri bersikap tak acuh pada Ofelia.

Kehidupan keluarga Ofelia tidak berjalan tenang. Di luar timbul pemberontakan dan pertempuran. Desing peluru siang malam terdengar.
Satu-satunya hiburan bagi Ofelia adalah Mercedes, kepala rumah tangga, dan labirin--sebuah taman penuh misteri di belakang rumah. Di labirin itulah Ofelia bertemu dengan makhluk-makluk ajaib. Mereka--yang namanya hanya bisa diucapkan oleh desir angin dan pepohonan--memberitahu satu rahasia. Ofelia ternyata putri kerajaan bawah tanah yang dilahirkan dari bulan. Untuk kembali ke tempat asalnya dan menjadi putri, Ofelia harus menyelesaikan 3 tugas. Tugas itu tidak ringan, karena di akhir cerita Ofelia harus memilih, antara mengorbankan adiknya atau dirinya sendiri.

8 comments:

adHe' .... said...

yeks,,,,
aku dapet cerita dari temenku aja rasanya dah mual,,,
apalagi kalo nnton ya???

laksita wijayanti said...

che, aku aja ampe teriak teriak
habis adegan menembak di close up jarak dekat

budi yati said...

serem ihh...

laksita wijayanti said...

filmnya penuh nuansa kelabu mbk, xixixixixi.

Henny K Teguh - said...

wah..makasih yah infonya...!

laksita wijayanti said...

ho oh mbk, pokoe ojo buat anak anak*orang aku juga ngeri*

Dimas Marsono said...

film dongeng yang penuh dengan bumbu kekerasan...

laksita wijayanti said...

hmm....