Thursday, July 19, 2007

[tanya]Insentif buat Editor

temen-temen ada yang bisa bantu ngejelasin ke aku gak....
ini sampelnya di 2 perusahaan penerbitan buku di deket kantorku
di sana setiap bulan editor dikasih target dalam sebulan harus menyelesaikan berapa editan buku.
nah, setiap bulan selain dapat gaji pokok, ada tambahan yang namanya insentif
yang hitungannya dari berapa banyak buku yang selesai diedit n dicetak setiap bulan oleh 1 editor.
contohnya di perusahaan A, untuk 1 buku yang selesai edit (bukan cetak) dihitung Rp450.000.
kalau 1 bulan bisa ngedit 2 buku yang dapatnya Rp900.000.
besarnya insentif di setiap perusahaan penerbitan bisa berbeda-beda
nah yang bikin aku penasaran, insentif itu diambil dari komponen biaya mana ya? kerna jatuh jatuhnya take home pay mereka lumayan gede, apalagi buat editor yang rajin.

13 comments:

Nadiah Alwi said...

wah asik juga jadi editor di situ ya...

Seriyawati - said...

jadi editor susah senang juga ya...tetap semangat, ya...

Widodo Wirawan said...

buat skripsi ya? :-b

NiNa FiRstAviNa said...

setahu aku sih, yang namanya editor itu dikasih insentif berdasar jumlah halaman buku (singkatnya, editan dihargai per halaman) dan tingkat kesulitan --> untuk translasi. Semakin si editor itu tenar (karena konditenya baik), harga editan per halamannya besar.. :) *setahu aku lho yaa*

chan chan said...

saya pernah jadi editor lepas, target 2 minggu (aktifnya 10 hari kerja) kelar satu buku, insentif 1jt *blm potong pajak*
pantas ga sih harga segitu?

Jumiarti Agus said...

shita, cariin editor donk, yang hasil kerjanya bagus, terus janjinya tepat, dan juga bayarnya nggak mahal amat, ada nggak?

laksita wijayanti said...

waaa makasih atas tanggapan tanggapannya teman teman.

Mbk Jumi, aku aja.....tapi aku biasanya nulis, bukan ngedit, hehehe, jadi lom masuh kelas expert neh.

Chan: tergantung bukunya chan, tapi itu salary standar kok.

Jumiarti Agus said...

shita yang tugas ngedit biasanya siapa? shita bisa ngedit?

laksita wijayanti said...

kalau di tempatku tugas editan tulisan masih dipegang sama redaktur desk, yaitu orang yang paling berkompeten di subjek yang aku tulis.
seharusnya sih ada khusus buat editor mbk.

Jumiarti Agus said...

shita cariin donk dg kriteria di atas, thk ya:)

laksita wijayanti said...

buku yang mau diedit bidang apa mbk?

Jumiarti Agus said...

tentang life style

lani marliani said...

mmmm, yang asik sih mba, kalo aq nulis trus ada insentif ssuai jumlah halaman naskah yang aq tulis...hmmmmm...