Sunday, April 23, 2006

kenapa kalau bangun tidur disuruh lihat yang ijo-ijo???

Kenapa ya eyang uti dulu sering bilang....kalau bangun tidur, langsung liat yang hijau-hijau, lihat tanaman, atau nengok daun-daun pohon......


Ternyata pertanyaan ini baru terjawab tadi malam, kebetulan ada artikel yang ditulis oleh Dr.Amarullah H. Siregar, seorang ahli naturopati di Jakarta.  Sistem endokrin atau hormonal manusia bereaksi terhadap warna tertentu melalui kerja neurotransmiter.  Ternyata warna tertentu akan berperan dalam produksi sistem hormon tertentu.


Prosesnya begini: warna atau cahaya tertangkap oleh mata, melalui sistem syaraf sampai ke otak.  Sampai di sini Otak akan mencatatnya dan mengirim "pesan" kimia ke sistem hormonal kita.


Hijau adalah warna alami.  Dalam naturopati, hijau dianggap memiliki kekuatan penyembuh besar.  Efeknya soothing, healing, peacefull, dan cool.  Warna hijau yang diterima mata akan diolah otak, menghasilkan beberapa jenis hormon dan "pesan" kimiawi tertentu diantaranya endorfin, prostaglandim, dan histamin.  Pelepasan zat tersebut akan memekarkan pembuluh darah dan kontraksi otot polos, sehingga menimbulkan efek relaksasi, dan menenangkan.


Nah, tiap warna tertentu punya energi berbeda.  Energi terbaik didapat dari benda hidup.  Warna hijau dari Alam tentu saja lebih baik dari pada hijau dari zat artifisial.  Jadi memandang tanaman hijau tentu saja berbeda dengan memandang tembok warna hijau.

23 comments:

dyah ru said...

aduh di luar tembok, kamar cat biru.. barang2 juga biru.. harus liat kemana ya..

Neni Hendrayani said...

liat kulkas.. sapa tau ada yg warna ijo
:P :D

Ceetea MA said...

lihat ijo2 dulu ya? hmmm biasanya bangun tidur yg keinget langsung harus nyecek2 keperluan keluarga untuk sepanjang hari itu.

Mamat Rahmat said...

hehehe untung di depan kamar kost ku banyak pohonnya jadi bangun tidur bisa lihat daun-daun pohon mangga, rambutan, cabe dll siiip lah

Ciput McQueen said...

liat kulkas.. sapa tau ada yg warna ijo
------------------------------------------------------
Kalo belum punya kulkas? *halah gubrax*

mielnschatz miranda said...

nah.. besok daku bangun tidur langsung ke kebun belakang deh... *niat banget*

kobo chan said...

memang asik kalo ada yang ijo, apalagi hijo nya dollar, heheheheh

- salam kenal, sita, duh aku nih yah, baru kenal dah sok canda aja, hehehehe ---

laksita wijayanti said...

birunya langit..birunya laut....biru hatiku...
hehehe, ntar aku cari cplour theray warna biru untuk apa ya mbk...:))

laksita wijayanti said...

okwh..ntar aku udek udek kalau warna biru artinye apa mbk....:))

laksita wijayanti said...

wah, jangan jangan teh nenden ini lagi lapar beratt neh....

laksita wijayanti said...

shhh.....memang benar benar ibunda kita nih......:))))

laksita wijayanti said...

Mamat.....jangan lupa, sekalian disapu yah sampah-sampah daunnya!!!

laksita wijayanti said...

whakakakaka..............................bener bener niat dah!

laksita wijayanti said...

salam kenal juga kobochan..........hijau dollar emang bikin mata ijo yahhh...:::))))

laksita wijayanti said...

hayoo..pak ciput bangun tidur langsung liat apa???

Achmad Falatehan said...

Subhanallah, Allah menciptakan sesuatu dengan tidak sia-sia.
Manusianya saja kadang-kadang yang selalu menyia-nyiakanya.

Wisnu Widiarta said...

Lihat duit aja. Kan matanya udah ijo duluan. Jadi apapun yang dilihat bakalan ada filter ijo. Hihihi..

Moh Arif Widarto "Kang Kombor" said...

Baru tahu kalau lihat yang ijo-ijo habis bangun tidur ada manfaatnya. Saya waktu tinggal di jogja setiap pagi selalu melihat bakalan-bakalan bonsai saya untuk melihat mereka nambah gedhe atau tidak. Di Tangerang, karena ngontrak, nggak punya ruang buat naruh tanaman. Alhamdulillah saat ini sudah menempati rumah (kpr) sendiri, mudah-mudahan bisa lihat yang ijo-ijo lagi.

Mamat Rahmat said...

ayo... galakan lagi lahan 1000 tanamannya =P

eka ningsih said...

hijaunya benda hidup lbh baik yah?
slama ini bangun liat ijonya lemari,...besok bangun langsung ke halaman dpan kos deh..hehe
*kangen ijonya sawah,hijaunya spanjang pjalanan jogja-dieng*

Mamat Rahmat said...

Kost di Jogja juga ? sama dong... :D

Hanny Astuti said...

wah ternyata pilihan aku utk pake cat tembok hijau, hordeng hijau ada manpaat nya juga yah... tp klo tanaman ijo, blm ada nih yg deket2 kamar, mesti beli dulu :D

laksita wijayanti said...

ayoo mbk hanny, beli sri rezeki aja/aglaonema...tapi sekarang yang bagus aglaonema warna merah euy..